Model OSI

Model OSI mendefinisikan framework networking dalam bentuk 7 layer. Kontrol data diserahkan dari satu layer pada layer selanjutnya, mulai dari layer aplikasi turun sampai layer terendah. Kontrol data kemudian dikirimkan melintasi koneksi fisik antara setiap titik sepanjang jalur perjalanan kemudian diserahkan kepada model layer sampai ke layer paling atas pada komputer penerima.

osimodelsendingreceiving

Layer 1 sampai layer 4 disebut sebagai layer bawah, dan layer 5 sampai 7 disebut sebagai layer bagian atas. Setiap layer melakukan fungsi-fungsi spesifik dan menyediakan servis bagi layer diatasnya.

Layer 7: Application Layer

Layer aplikasi adalah layer yang berinteraksi dengan user, semua yang ada pada layer ini berbentuk spesifik terhadap aplikasi. Misalnya, aplikasi web browser untuk surfing internet akan menggunakan layer ini. Layer aplikasi menyediakan servis-servis untuk transfer file, e-mail, dan servis-servis software berbasis network lainnya, seperti web-browser dan lain-lain.

Layer 6: Presentation Layer

Layer presentasi mengkonversi data-data user kedalam bentuk yang dapat diterima oleh layer aplikasi, misalnya mengkonversi data string menjadi format file yang dikenal seperti .doc .jpeg dan lain-lain. Layer presentasi memformat dan meng-enkripsi data (jika diperlukan) untuk kemudian di kirim kedalam network.

Layer 5: Session Layer

Layer session menjalin, me-manage, dan memutuskan koneksi komunikasi virtual antar aplikasi. Dengan kata lain, layer session memulai dan menghentikan sesi komunikasi antar perangkat network.

Layer 4-Transport Layer

Layer transport menyediakan transfer data antar klien dan bertanggung jawab untuk recovery data yang terjadi error (error recovery) dan kontrol arus data (flow control). Flow control memastikan data transfer yang komplit dan menyediakan pengecekan transparant bagi data yang kemungkinan dibuang ditengah-tengah perjalanan.  Error recovery mengambil kembali data yang hilang jika di drop ditengah perjalanan atau terdapat error ketika dalam proses pengiriman.

Layer 3-Network Layer

Layer network menyediakan teknologi routing, membuat tabel forwarding atau jalur logik antara sumber (source) dan tujuan (destination). Jalur logik ini kemudian dikenal sebagai sirkuit virtual (virtual circuits) dan dianggap seperti koneksi network point-to-point. Routing dan forwarding adalah fungsi-fungsi dari layer network. Fungsi lainnya adalah addressing, error handling, congestion control (kontrol kepadatan), dan pengurutan paket yang datang.

Layer 2-Data Link Layer

Pada Layer data link paket-paket data di enkapsulasi(bungkus) kedalam sebuah frame untuk kemudian di transmisikan melintasi network. Layer data link menyediakan protokol transmisi dan management serta menangani error pada layer fisik, juga flow control dan sinkronisasi frame.

Layer data link dipecah menjadi 2 bagian sub-layer : layer Media Access Control (MAC) dan layer logical link control (LLC). Sublayer MAC mengontrol bagaimana komputer didalam network mendapatkan akses data dan izin untuk mentransmisikannya. Sedangkan layer LLC mengontrol sinkronisasi frame, flow control (kontrol banjir) dan error checking.

Layer 1-Physical Layer

Layer fisik mengangkut arus bit (bit stream) melintasi network. Arus bit (bit stream) dapat diangkut dalam bentuk listrik, cahaya, atau sinyal radio. Layer ini menyediakan metode hardware untuk mengirim dan menerima data pada pengangkut, termasuk mendefinisikan kabel, kartu jaringan, dan aspek fisik lainnya. Gigabit Ethernet, wireless, dense wavelength-division multiplexing (DWDM), Synchronous Optical Network (SONET), Electronic Industries Alliance/Telecommunications Industry Alliance 232 (EIA/TIA-232; formerly RS-232), dan Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah protokol-protokol yang berada pada layer ini.

Berikut tabel media transmisi dan tipe sinyal yang dihantarkan.

Medium Signal Type
Fiber optic Cahaya
Copper Listrik
Udara Wireless, radio
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: