Beranda > LAN Switching first-step > Tipe-Tipe Network

Tipe-Tipe Network

Ada 3 tipe utama network yang digunakan saat ini :

  • Local-area networks (LAN), bisa kita temui di area yang kecil secara geografis, seperti satu lantai dari satu bangunan.
  • Metropolitan-area networks (MAN) dapat kita temui pada area yang lebih besar dari LAN, seperti beberapa blok di kota besar.
  • Wide-area networks (WAN) kita dapati pada area yang luasa secara geografis, seperti antar-kota atau antar negara.

Beberapa karakteristik berikut membedakan satu network dari yang lain :

  • Topology: susunan geometris perangkat-perangkat network baik secara fisik maupun logik. Misalnya perangkat-perangkat seperti komputer, switch atau router dapat disusun dalam bentuk lingkaran (Token Ring atau FDDI) atau dalam bentuk satu garis lurus (ethernet).
  • Protocols: aturan-aturan dan ketetapan-ketetapan untuk komunikasi antar device, seperti halnya grammar dalam bahasa percakapan atau penulisan. Agar 2 orang dapat saling mengerti satu sama lain, mereka tidak hanya harus menggunakan bahasa yang sama, tapi juga aturan-aturan sintax dan grammar yang sama. Protokol network menggunakan aturan sintaks dan grammar yang sama untuk menentukan : bagimana perangkat-perangkat saling berkomunikasi, dan lain-lain.
  • Media: media fisik yang mengantarkan sinyal antara 2 titik network (pengirim dan penerima). Contoh: kabel twisted-pair (shielded atau unshielded), kabel coaxial, kabel fiber-optic yang menghubungkan perangkat-perangkat network, dan juga udara. Beberapa network seperti Wireless LAN (WLAN) dan radio menggunakan udara sebagai media komunikasi.

LAN

local-area network (LAN) adalah jaringan komputer yang meliputi area geografis yang kecil, seperti satu bangunan atau satu lantai dalam bangunan. Satu LAN dapat dihubungkan dengan LAN  yang lain pada daerah lain dengan menggunakan media seperti kabel telepon atau gelombang radio. LAN-LAN yang terhubung seperti ini dinamakan Wide Area Network (WAN).

Ada beberapa tipe LAN, dan Ethernet adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Tipe lain antara lain Token Ring dan FDDI.

MAN

metropolitan-area network (MAN)  adalah jaringan yang di desain untuk digunakan di kota-kota. Sebuah MAN dapat dibangun sebagai service provider dan disewakan pada beberapa klien atau sebuah perusahaan dapat membangun MAN private sendiri. Dalam hal luas geografis, MAN lebih besar daripada LAN tapi lebih kecil daripada WAN. MAN biasanya ditandai dengan koneksi kecepatan tinggi menggunakan kabel fiber-optic atau media digital dan sering digunakan dalam perusahaan dengan beberapa kantor yang terletak pada satu kota.

WAN

wide-area network, WAN, adalah jaringan komputer yang meliputi area geografis yang luas, seperti area yang mencakup beberapa propinsi atau negara. Komputer-komputer terhubung pada WAN biasanya melalui network publik, misal sistem telepon. Komputer juga bisa terhubung dengan menyewa sambungan khusus atau via satelit dari service provider.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: