Beranda > LAN Switching first-step > Mode Transmisi Data

Mode Transmisi Data

Perangkat-perangkat network menggunakan 3 mode (metode) transmisi untuk saling bertukar data : simplex, half duplex, dan full duplex.

  • Simplex transmission dapat dianalogikan seperti jalan satu arah dimana traffik hanya bergerak satu arah saja. Yang berarti data hanya bergerak dari arah pengirim ke penerima saja.satu-arah
  • Half-duplex transmission dimana traffik hanya dapat berjalan ke salah satu arah pada satu waktu, tapi tidak kedua-duanya disaat yang sama. Mode half-duplex membatasi transmisi data karena setiap perangkat harus bergiliran menggunakan media kabel. Karena itu data dapat dikirim dari A ke B, atau dari B ke A, tapi tidak pada saat yang bersamaan.
    half-duplex
  • Full-duplex transmission seperti umumnya jalan raya dengan 2 jalur, masing-masing jalur mengakomodasi traffik yang menuju arah saling berlawanan. Mode full-duplex mengakomodasi transmisi dua arah secara simultan, yang berarti kedua kedua sisi dapat mengirim dan menerima data pada saat yang sama.full-duplex

Transmisi Full-duplex sebenarnya adalah dua koneksi simplex: satu koneksi untuk satu arah, dan satu koneksi untuk arah yang berlawanan.

  1. asteriax
    Desember 20, 2010 pukul 2:07 am

    Tulisan nya bagus banget, nambah ilmu..
    Soal media transmisi ada yg saya masih bingung, untuk transmisi dg menggunakan media full duplex apakah memang pasti tidak akan terjadi collision?? Apakah dengan demikian CSMA/CD tidak diperlukan pd media full duplex??
    Terima Kasih…

    • Desember 20, 2010 pukul 4:27 am

      CSMA/CD hanya digunakan pada half-duplex, ketika ada kemungkinan terjadi collision, sedangkan komunikasi full-duplex pada kedua ujung, maka kemungkinan terjadi collision telah hilang, dan CSMA/CD tidak lagi diperlukan dan tidak berlaku.

  2. asteriax
    Desember 21, 2010 pukul 7:34 am

    bingung nih, maksudnya “sedangkan komunikasi full-duplex pada kedua ujung” itu apa ya??

    Apa maksudnya full duplex juga menggunakan CSMA/CD namun diterapkan di kedua ujungnya, begitu??

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: