Beranda > LAN Switching first-step > Logical Networks

Logical Networks

Jaringan transportasi terdiri dari objek-objek fisik yang dapat kita sentuh, seperti rel kereta api, jalan raya, dan lain-lain. Elemen-elemen logical network tidak memiliki objek-objek seperti itu. Seperti halnya realita virtual ketika kita main video game, yang membuat seolah-olah kita mengendarai suatu pesawat tempur. Logical network terdiri dari elemen-elemen yang tidak bisa kita sentuh, meski begitu elemen-elemen itu ada.

Network terdiri dari bagian-bagian yang menghubungkan source (pengirim) dan destination (tujuan). Bagian-bagian ini dikelompokkan menjadi dua kategori: physical (komponen fisik) dan logical (komponen logik). Komponen fisik dan logik inilah yang membangun infrastruktur network yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang lain dalam network. Contohnya, saat kita naik kapal feri dari bandung menuju surabaya

logical-network

Jalur fisik dalam perjalanan membawa kita dari Bandung menuju Kalimantan, dimana kita harus berganti kapal untuk melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Secara logik, perjalanan kita adalah dari Bandung ke Surabaya karena di Kalimantan kita tidak menetap, hanya berganti kapal saja. Komponen fisik disini adalah jalur antara tiga kota, tapi komponen logik adalah titik awal dan titik akhir dari kedua kota.

Network Physical Components

Switches

Jika tidak ada rute dari satu kota menuju kota selanjutnya, maka penumpang harus turun dari kapal dan berganti kapal yang lain pada pelabuhan, atau kapal itu harus berganti jalur. Switch bekerja dengan konsep yang sama, menghubungkan jalur-jalur network bersama-sama, menyediakan rute dari satu tempat ke tempat lain. Switch juga dapat menghubungkan satu mesin ke mesin lain secara langsung.

2-switches-path

Misalnya dalam suatu network user terhubung ke switch A. User memanfaatkan aplikasi untuk mengeprint dokumen dari komputer mereka, aplikasi tersebut mengirimkan dokumen melalu network menuju printer yang terhubung ke switch D. dokumen yang akan di print dibungkus dalam sebuah frame dan dikirimkan kedalam network dimana frame tersebut berjalan melalui switch B, switch C dan kemudian berhenti pada switch D. switch D kemudian memberikan frame ke printer untuk kemudian dicetak

Cabling

Untuk saling menghubungkan dua atau lebih titik harus ada medium untuk mengantar informasi dari satu titik ke titik lain, seperti rel kereta api antar stasiun. Medium adalah unsur fisik dimana sesuatu akan diantarkan melaluinya. Beberapa tipe media yang berbeda saat ini digunakan untuk komunikasi network seperti copper cable, fiber-optic cable, dan udara.

Copper cabling mengantarkan sinyal elektrik, seperti yang dihasilkan oleh modem komputer dan handphone. Fiber-optic cabling mengantarkan sinyal cahaya yang dikirimkan sebagai denyutan-denyutan cahaya.

Network cabling menghubungkan perangkat-perangkat jaringan seperti komputer seperti halnya rel kereta menghubungkan stasiun satu kota dengan stasiun di kota lain

Network Logical Components

Komponen logik network adalah informasi-informasi yang dibawa dari sumber ke tujuan. Informasi user yang disebut data diantarkan dalam bentuk frame melalui network.

Frames

Frame membawa data melalui network dan dibuat dari tiga bagian : header, data, dan trailer. Frame inilah yang membawa data user seperti halnya kereta api mengantarkan penumpang. Jika penumpang punya tiket tujuan, frame punya address tujuan.

  • Frame header, mesin kereta yang didalamnya terdapat informasi address source (sumber) dan destination (tujuan).
  • Frame data, bagian kereta yang didalamnya terdapat penumpang/user data
  • Frame trailer, dapur kereta yang menandakan ujung akhir kereta/frame

Komponen-komponen ini berkombinasi membentuk frame yang komplit seperti pada gambar.

3-frame

  1. Belum ada komentar.
  1. April 1, 2009 pukul 1:24 pm
  2. April 2, 2009 pukul 10:54 am
  3. April 2, 2009 pukul 11:55 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: